top of page

Strategi Reading Dalam Mengerjakan TOEFL.

Menguasai Teknik Skimming dan Scanning

Bagi kamu yang belum tahu, kedua teknik ini sangat bermanfaat lho untuk membaca secara efektif dan efisien. Apa sih bedanya kedua Teknik tersebut? Kalau Teknik Skimming atau yang dalam bahasa Indonesia nya sekilas, kamu hanya perlu mencari ide utama dan gagasan pokok secara keseluruhan dari sebuah teks.

Sementara dengan Scanning atau sepintas, setelah membaca pertanyaan yang berkaitan dengan teks kamu bisa mencari informasi tertentu atau kata kuncinya di teks tanpa perlu membaca semuanya.


Latihan Membaca Setiap Hari

Dengan berlatih setiap hari, pastinya kemampuan membacamu secara cepat akan meningkat. Cukup sekitar 15-30 menit, kamu bisa mencoba untuk membaca 3 sampai 4 artikel secara rutin. Lebih baik lagi kalau artikel yang kamu baca memiliki tingkat kesulitan yang berbeda tiap harinya, baik secara isi materi atau kosa kata. Jangan lupa untuk menghitung kecepatan membaca mu juga dengan menggunakan timer, stopwatch, atau sejenisnya.


Gunakan Finger Tracking Untuk Membantu

Agar tidak ada yang terlewat, kamu bisa menggunakan system finger tracking saat membaca, yaitu gerakan jari dari awal sampai akhir teks mengikuti alur kamu membaca. Selain itu, sewaktu membaca dengan finger tracking hindari membunyikan kata atau vokalisasi, cukup baca dalam hati. Cara yang satu ini juga membantu kamu untuk membaca lebih cepat.

Setelah mengetahui ketiga strategi tersebut, tentu masih banyak hal lain yang harus kamu persiapkan sehingga bisa lulus ujian TOEFL dengan nilai tinggi. Banyak kegiatan sehingga kamu tidak sempat mengikuti kursus konvensional? Tenang saja, karena sekarang kamu bisa mengikuti kursus persiapan TOEFL di Cakap! Selain akses dua arah dengan pengajar, kamu juga mendapat materi pembelajaran yang sesuai kemampuanmu.






Sumber : https://blog.cakap.com/3-strategi-mengerjakan-reading-tes-toefl-dengan-cepat-dan-efektif/


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page