top of page

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN TRAVELOKA

Apa Itu Traveloka

Traveloka merupakan situs pencarian dan pembelian tiket pesawat terbesar di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta. Yang telah menyediakan beberapa maskapai dengan melayani penerbangan domestic maupun internasional. Dengan traveloka menggunakan pencarian lebih dari 5.769 rute sehingga dalam mencari berbagai maskapai penerbangan hanya membutuhkan beberapa detik saja. Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert.

Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs Traveloka.com. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel.Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

Traveloka sudah bermitra dengan 14 maskapai domestic dan regional, melayani lebih dari 180.000 rute penerbangan, terhubung lebih dari180.000 hotel local dan Internasional, online partner nomo satu dengan PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI), kerjasama dengan 10 promotor Indonesia, memiliki 4 kantor dan250 karyawan .Komisi yang didapatkan traveloka dari setiap transaksi cukup kecil yaitu komisi hotel antara 17-25 %, tiket pesawat sekitar 3-4 % bahkan nol, tiket event 3-4,5 % sedangkan tiket kereta api memiliki komisi fixed sebesar Rp.7500/transaksi.


Service Strategy

Traveloka menyediakan platform online sehingga dapat menelusuri berbagai jenis maskapai penerbangan, api, dan transportasi lainnya, akomodasi sementara dan penginapan (sebagaimana berlaku), pertunjukan seni, objek wisata, paket perjalanan wisata, pulsa prabayar, serta membuat reservasi, pemesanan dan/atau pembelian (“Layanan”). Pengguna dapat membuat pemesanan layanan yang disediakan oleh hotel, maskapai penerbangan, operator transportasi lainnya, penyelenggara pertunjukan seni, pengelola objek wisata, biro perjalanan wisata, operator seluler, dan/atau penyedia layanan lain yang bekerjasama dengan Traveloka (“Vendor”) di Situs. Dengan meletakkan pesanan melalui Situs, lalu dapat memesan dan/atau membeli tiket pesawat, tiket kereta api dan transportasi lainnya, kamar hotel, tiket pertunjukan seni, tiket obyek wisata, paket perjalanan wisata, pulsa prabayar, atau layanan lainnya pada Situs kami. Traveloka akan memberikan konfirmasi pemesanan atau pembelian melalui konfirmasi email


Service Design

Traveloka memiliki hak untuk tidak menerima setiap pengguna atau pemesanan (atau dalam kasus-kasus tertentu membatalkan konfirmasi pemesanan) berdasarkan kebijaksanaan tunggal dan untuk alasan apa pun serta tanpa memberikan alasan penolakan/penampikan/pembatalan. Alasan untuk menolak pengguna atau pemesanan atau membatalkan konfirmasi pemesanan dapat termasuk namun tidak terbatas pada: pelanggaran Syarat ini, perdagangan atau sanksi ekonomi oleh otoritas global atau nasional, embargo, larangan dalam peraturan, penipuan atau pencurian (atau indikasi atau dugaan penipuan atau pencurian), dugaan kegiatan kriminal, pemesanan yang mencurigakan, layanan yang tidak tersedia atau tidak lagi disediakan oleh Vendor, pengguna memberikan informasi yang tidak akurat, keliru atau menyesatkan, masalah dengan komunikasi kartu kredit elektronik, informasi atau transaksi, perilaku yang tidak pantas, ancaman, hinaan, penolakan untuk memberikan informasi, hambatan praktis, kesulitan atau kemacetan komunikasi, Kesalahan Nyata (selanjutnya dijelaskan di bawah ini), sejarah pelanggaran Syarat atau penolakan tersebut, atau dimasukkan pada setiap “daftar hitam” atau “daftar pengamatan” oleh pemerintah atau organisasi internasional. Dalam kasus pemesanan ditolak atau dibatalkan oleh Traveloka dan pembayaran telah dilakukan, Traveloka akan mengganti jumlah yang telah dibebankan tanpa biaya lebih lanjut. Kami dapat menghilangkan atau menghapus (“Dihapus”) keanggotaan pengguna.


Service Transition

CRM di www.Traveloka.com dimana dengan mengakses situs ini user dapat dengan mudah melakukan transaksi pemesanan tiket pesawat seperti kota tujuan, jadwal penerbangan. Kelebihan situs ini adalah

  1. Jaminan Aman Transaksi Online : Teknologi SSL dari RapidSSL dengan Sertifikat yang terotentikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi Anda. Konfirmasi instan dan e-tiket dikirim ke email Anda.

  2. Hasil Pencarian Terlengkap : Mencari dan membandingkan harga tiket pesawat Lion Air, Sriwijaya, Garuda, Citilink, dan lain-lain, termasuk KalStar dan Aviastar.

  3. Harga Tertera Sudah Termasuk Pajak : Harga tiket pesawat yang ditampilkan sudah termasuk biaya-biaya seperti pajak, Iuran Wajib Jasa Raharja, dan fuel surcharge.

  4. Berbagai Pilihan Pembayaran : Pembelian tiket menjadi semakin fleksibel dengan berbagai pilihan pembayaran, dari Transfer ATM, Kartu Kredit, hingga Internet Banking.

  5. Smart Algorithm : Kami berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai, dan lain-lain, dengan teknologi terbaru.


Service Operation

adalah sistem aplikasi berbasis web yang menyediakan berbagai kemudahan serta informasi dalam kaitannya dengan Proses Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan. Sistem aplikasi ini dibangun guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas Pengadaan. Informasi yang tersedia dan dapat diakses Berita terkini seputar Proses Pengadaan di Traveloka, Informasi Pengadaan serta Kebijakan Pengadaan yang berlaku di Traveloka. Melalui Web E-Procurement ini, dapat melakukan pendaftaran secara online sebagai.


Continual Service Improvement

  • Distribution

Traveloka menjadwalkan tiket transit yang murah, yaitu rute alternatif. Misalnya, kamu bisa memilih penerbangan ke kota lain yang dekat dengan kota tujuanmu.Atau jika biasanya kamu menggunakan penerbangan langsung tidak ada salahnya untuk menggunakan penerbangan dengan transit. Harga tiket penerbangan dengan transit umumnya lebih murah dibanding harga tiket penerbangan langsung.


  • E-payment

E-payment adalah sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara. Saat ini banyak start up yang memfasilitasi pihak penjual dan pembeli dengan memberikan jaminan keamanan transaksi e-commerce. Untuk menjamin keamanan transaksi tersebut, start up yang menjadi perantara akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mulai memfasilitasi e-payment secara aman, cepat dan praktis.

Dalam aplikasi Traveloka menyediakan layanan seperti:

  • Bayar dengan 1-klik,Pembayaran lebih mudah .Bayar dengan kartu kredit jadi simpel. Log in dan tambahkan data kartu kredit Anda di awal tanpa perlu lagi mengisi data kartu kredit berulang-ulang.

  • E-tiket & voucher hotel instan Tidak perlu menunggu lama untuk e-ticket & voucher hotel . Book dan dapatkan e-tiket/voucher hotel kurang dari 1 menit.

Daftar Pustaka

https://mizawidhy.wordpress.com/2017/02/26/analisis-model-bisnis-traveloka/


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page