top of page

Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC

TOEFL dan TOEIC adalah tes untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris kita. Namun masih banyak orang yang gak tau apa bedanya TOEFL dan TOEIC, apalagi sekarang ada yang namanya IELTS. apasih perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC tes Bahasa Inggris tersebut?

TOEFL TOEFL itu singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Di TOEFL kita diuji listening comprehension, grammar structure and written expression, reading comprehension, dan writing. Range score TOEFL berkisar dari 310 (terendah) sampai 677 (tertinggi). Ada lima jenis TOEFL yaitu:

  1. Prediction test Mengikuti tes TOEFL membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk itu kamu bisa mengambil TOEFL prediction test terlebih dulu. Tujuannya agar kamu bisa mengukur kemampuan bahasa Inggrismu terlebih dulu kemudian mengevaluasi kekuranganmu.

  2. Internet based test Internet based test (IBT) adalah tes TOEFL yang dilakukan via internet. Durasi IBT kurang lebih 4-5 jam dengan penilaian skor mulai dari 0-120.

  3. Computer based test Computer Based Test (CBT) adalah tes TOEFL yang dilakukan langsung di komputer. Skor untuk CBT adalah 30 – 300.

  4. Paper based test Paper based test (PBT) adalah tes TOEFL yang dikerjakan melalui media kertas, layaknya ujian pada umumnya. Durasi pengerjaan PBT ini kurang lebih 3 jam. Rentang skor tes TOEFL jenis ini antara 310-667.

  5. Institutional Testing Program Institutional Testing Program (ITP) merupakan tes yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa terpercaya. Namun, untuk soal yang diberikan tetap mengikuti standar internasional. Biasnya, ITP tidak diakui secara internasional dan hanya diakui di dalam negeri dan beberapa negara di Asia.

TOEIC

Test of English for International Communication atau TOEIC ditujukan untuk mengukur kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Poin yang dapat kamu dapatkan untuk ujian ini adalah 10 – 990 untuk yang tertinggi. TOEIC terdiri dari dari dua bagian yaitu listening dan reading. Tipe soal-soal TOEIC juga mengarah ke bisnis biasanya. Dan umumnya TOEIC digunakan untuk 3 kegunaa yaitu :

  • Perusahaan : untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris karyawa, syarat kenaikan jabatan dan syarat prekrutan

  • Sekolah : Untuk mengukur standart kemampuan Bahasa Inggris siswa, sehingga guru dapat memberikan pelajaran yang sesuai

  • Instansi Pemerintah : Untuk merancang program pelatihan bagi karyawan, perekrutan dan promosi karyawan

IELTS IELTS itu kependekan dari Internasional English Language Testing System. Sebenernya IELTS juga untuk menguji kemahiran kita dalam bahasa inggris. Dan IELTS juga ada 2 macam, IELTS Institusional dan IELTS internasional. Beda dari TOEFL, tes IELTS memiliki Ujian IELTS terdiri dari tiga bagian; 40 menit digunakan untuk bagian listening (mendengar), 60 menit untuk reading (membaca), dan 60 menit lagi untuk writing (menulis). Hasil dari nilai IELTS diurutkan dengan 9-band scoring system. Nilai tertinggi yaitu 9 akan dinyatakan sebagai Expert User, sedangkan nilai terendah yaitu 1 dinyatakan sebagai Non User.

referensi :

www.ef.co.id

www.kompasiana.com

www.vistaeducation.com


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page